Senin, 10 Agustus 2020

UNSUR-UNSUR MEDIA INTERAKTIF

 




Penggunaan media interaktif mampu memberikan efek yang sangat baik terhadap penggunanya, sehingga pengguna dapat berinteraksi baik secara offline maupun online.
Di era zaman digital pada saat ini kehadiran media interaktif sangat efektif untuk memperkenalkan produk atau pun pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.

UNSUR-UNSUR MEDIA INTERAKTIF

Unsur-unsur dalam membangun mendia interaktif diantaranya:

1.      Unsur Teks

Penggunaan teks dimaksudkan untuk memberikan petunjuk kepada pengguna (end-user) mengenai tema, layanan serta penjelasan dari sebuah media interaktif yang digunakan.
Penggunaan teks (embed) yang terdapat aplikasi seperti Adobe Flash sangat menentukan dalam perancangan media interaktif karena dapat memberikan kenyamanan ketika seorang pengguna melihat atau membacanya.

2.      Unsur Grafik

Tampilan pada media interaktif juga sangat menentukan keberhasilan dalam mempromosikan suatu produk. Dalam perancangan media tersebut seorang pembuat harus menentukan penggunaan grafik seperti, model/bentuk, pemilihan warna dan tata letak.

3.      Unsur Interaksi
Interaksi dari end-user atau pengguna sangat dibutuhkan dalam perancangan media interaktif sebagai daya dukung terhadap media yang disajikan.

4.      Unsur Animasi
Gambar bergerak atau animasi yang disajikan akan menarik peminat untuk melihat produk yang dipromosikan. Animasi merupakan gambaran kecil atau secara penuh terhadap produk yang dimaksud oleh seorang perancang.

5.      Unsur Audio

Audio adalah pendukung dari video maupun animasi sebagai efek suara yang memperjelas dari produk atau pesan yang disampaikan.

6.      Unsur Video
Tidak jauh berbeda dengan animasi, video yang disajikan akan menarik peminat untuk melihat produk yang dipromosikan. Karena bentuk video yang dibuat objeknya real/nyata sehingga pengguna bisa atau dapat langsung memahami pesan yang disampaikan.

0 komentar:

Posting Komentar