Senin, 10 Agustus 2020

Mendulang Rupiah di Internet

 

Pendahuluan

Bagi pengguna internet, pasti tidak asing lagi mendengar kata Google. Memang, mesin pencari yang paling banyak digunakan jutaan orang di dunia adalah Google, selain hasilnya akurat juga cepat.

Namun masih sedikit yang mengetahui bahwa Google dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan rezeki yang halal. Hal ini sudah dilakukan oleh jutaan pengguna internet di dunia, di Indonesia sendiri ada beberapa member yang berhasil meraup keuntungan sekitar 90 juta rupiah dalam waktu satu bulan. Benar-benar sebuah angka fantastis, tanpa harus keluar keringat dan tanpa modal jutaan rupiah.
Secara garis besar, sistem kerja Google AdSense adalah adanya iklan (berupa link teks, kotak pencari (searching), dan afiliasi) pada website yang kita miliki.

Website siapapun dapat memiliki iklan dari Google, asalkan sudah mendaftar sebagai member. Dari iklan-iklan tersebut, setiap member mendapatkan hak untuk menerima pembayaran dari setiap klik (hits) maupun jumlah halaman yang ditampilkan (pageview). Masing-masing iklan memiliki nilai yang berbeda-beda setiap kali diklik berkisar $0.01 - $100 (atau bahkan lebih).
Sebagai contoh, sebuah link Referral dapat menghasilkan $46.15 setelah mendapatkan hits (klik) sebanyak 4 kali.


Contoh Link Referral

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilanggar, diantaranya: iklan tidak boleh diklik sendiri, isi situs tidak mengandung pornografi maupun sara, dan lain-lain.

Persiapan Awal

Siapapun dapat mengais rupiah di internet dengan mamanfaatkan fasilitas iklan Google asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Persyaratan yang utama adalah memiliki website sendiri (usahakan bukan domain gratisan, misal: http://geocities.com/slametriyanto atau http://slametryanto.multiple.com. Usahakan domain yang berbayar (misal: http://selametiyanto.net atau http://slametriyanto.id). Biaya pertahun untuk domain dan hosting berkisar 100 ribu – 200 ribu, bergantung penyedia hosting. Tidak terlalu mahal untuk tujuan yang besar, jika ditekuni dan berhasil maka rata-rata perhari bisa mendapatkan income pasif sebesar 25 ribu – 50 ribu. Jika dikalikan setahun, maka modal 200 ribu per tahun tidak ada artinya.

Jika belum memiliki situs pribadi, dapat mendaftarkan di situs http://blogger.com atau http://wordpress.com. Isilah beberapa formulir yang telah disediakan, namun sebelum mendaftarkan domain harus memiliki alamat email yang masih berlaku, jika tidak maka tidak dapat diproses karena semua informasi pendaftaran akan dikirim melalui email seperti permintaan nama dan kata kunci yang lupa. Maka permintaan tersebut akan dilayanani hanya melalui email yang masih berlaku.

Mendaftar domain di Wordpress.com, pada browser (misal: Internet Explorer) ketikkan alamat http://wordpress.com

Mendaftar domain di Blogger.com, masukkan alamat http://blogger.com

Setelah memiliki domain sendiri, langkah selanjutnya mengisi artikel dengan bahasa Inggris karena untuk saat ini Bahasa Indonesia tidak didukung oleh Google AdSense. Sehingga ketika mendaftarkan situs berbahasa Indonesia ke Google AdSense pasti ditolak. Artikel dalam bahasa Inggris tidak perlu banyak, cukup 7 artikel saja. Dan waktu posting (menulis artikel) diusahakan ada rentang waktu, jangan sehari langsung tujuh. Sebaiknya Sehari cukup 2-3 artikel, kemudian besoknya menulis lagi. Begitu seterusnya, minimal tujuh artikel.

Artikel tersebut bisa mengambil dari situs orang lain, namun harus mencantumkan alamat URL lengkap sumber aslinya agar tidak menyalahi hak cipta (copyright).


Kebijakan Google AdSense

Setelah persiapan awal terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftar menjadi member (mendapatkan account) karena syarat utama menjadi member Google AdSense adalah memiliki situs sendiri. Namun sebelum mendaftar, ada baiknya mengetahui beberapa kebijakan yang harus ditaati oleh calon member agar tidak timbul masalah di kemudian hari dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Klik dan Jejak yang Tidak Valid

Tidak diperbolehkan mengklik iklan Google sendiri dengan alasan apapun, iklan Google harus murni dari pengunjung. Tidak diperkenankan membuat link atau jejak buatan pada iklan Google Anda. Jika dilanggar, menyebabkan acount di-nonaktifkan yang berarti situs kita tidak akan muncul iklan Google sehingga secara otomatis tidak mendapatkan apapun dari iklan Google.

2. Mendorong klik

Tidak diperkenankan pengguna mengklik iklan di situs mereka atau mengandalkan metode penerapan yang bersifat tipu daya untuk mendapatkan klik. Penayang yang berpartisipasi dalam program AdSense:

  1. Tidak boleh mendorong pengguna untuk mengklik iklan Google menggunakan frase seperti "klik iklan ini", "dukung kami", "kunjungi link ini", atau bahasa lain yang serupa
  2. Tidak boleh mengarahkan perhatian pengguna ke iklan melalui tanda panah atau materi grafis lainnya
  3. Tidak boleh menempatkan gambar yang menyesatkan di samping setiap iklan
  4. Tidak boleh mempromosikan situs yang menampilkan iklan melalui email massal yang tidak dikehendaki atau iklan yang tidak diinginkan di situs Web pihak ketiga
  5. Tidak boleh memberikan kompensasi kepada pengguna untuk melihat iklan atau melakukan pencarian, atau menjanjikan kompensasi kepada pihak ketiga atas perilaku tersebut
  6. Tidak boleh menempatkan label yang menyesatkan di atas unit iklan Google, misalnya iklan berlabel "Link Sponsor" namun bukan "Situs Favorit”

3. Konten Situs

Meskipun Google menawarkan akses luas ke berbagai konten dalam indeks pencarian, namun penayang dalam program AdSense hanya dapat menempatkan iklan Google di situs yang mematuhi panduan konten, dan iklan tersebut tidak boleh ditampilkan pada halaman manapun yang sebagian besar kontennya menggunakan bahasa yang tidak didukung. Tidak semua bahasa dalam konten situs diterima oleh Google AdSense. Bahasa yang diterima oleh Google AdSense adalah: Arabic, Bulgarian, Chinese (simplified), Chinese (traditional), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English, Finnish, French, German, Greek, Hebrew, Hungarian, Italian, Japanese, Korean, Norwegian, Polish, Portuguese, Romanian, Russian, Serbian, Slovak, Spanish, Swedish, dan Turkish. Jadi, Google AdSense tidak mendukung bahasa Indonesia.
Namun, bukan berarti situs yang berbahasa Indonesia tidak berhak mendapatkan iklan dari Google. Memang, ketika mendaftarkan situs ke Google AdSense tidak tersedia bahasa Indonesia untuk konten situs. Ada salah satu cara untuk “menyiasatinya” agar situs kita terdaftar di Google AdSense sehingga dapat memasang kode iklan dari Google. Dan pada akhirnya berhak mendapatkan pembayaran dari iklan-iklan yang ditayangkan di situs kita yaitu: mendaftarkan domain di http://blogger.com atau http://wordpress.com

4. Materi yang Dilindungi Hak Cipta

Penayang situs Web tidak boleh menampilkan iklan Google pada halaman Web dengan konten yang dilindungi undang-undang hak cipta, kecuali jika mereka memiliki hak hukum yang diharuskan untuk menampilkan konten tersebut.

5. Panduan Webmaster

Penayang AdSense diharuskan mematuhi panduan kualitas webmaster yang diposting di http://www.google.com/ webmasters/guidelines.html.

6. Aktifitas Situs dan Iklan

Situs yang menampilkan iklan Google harus mudah dinavigasi oleh pengguna dan tidak boleh berisi pop-up yang berlebihan. Kode AdSense tidak boleh diganti, atau aktivitas iklan standar tidak boleh dimanipulasi dengan cara apapun yang tidak diizinkan secara tersurat oleh Google.

  1. Situs yang menampilkan iklan Google tidak boleh berisi pop-up atau pop-under yang mengganggu navigasi situs, mengubah preferensi pengguna, atau memulai proses download.
  2. Kode AdSense apapun harus disisipkan langsung ke halaman Web tanpa modifikasi. Peserta AdSense tidak boleh mengganti bagian apapun dalam kode atau mengubah aktivitas, penargetan, maupun penayangan iklan. Misalnya, klik pada iklan Google tidak boleh ditampilkan di jendela browser baru.
  3. Situs atau pihak ketiga tidak dapat menampilkan iklan, kotak pencarian, atau tombol referensi sebagai hasil tindakan aplikasi perangkat lunak apapun, seperti toolbar
  4. Tidak ada kode AdSense yang dapat digabungkan dengan aplikasi perangkat lunak.
  5. Halaman Web yang berisi kode AdSense tidak boleh diambil dengan perangkat lunak apapun yang dapat memicu pop-up, mengarahkan ulang pengguna ke situs Web yang tidak dikehendaki, memodifikasi pengaturan browser, atau mengganggu navigasi situs. Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tidak ada jaringan iklan atau afiliasinya yang menggunakan metode tersebut dalam mengarahkan lalu lintas ke halaman yang berisi kode AdSense.
  6. Penawaran referensi harus dilakukan tanpa kewajiban atau persyaratan apapun kepada pengguna akhir. Penayang tidak boleh meminta alamat email dari pengguna dalam kaitannya dengan unit referensi AdSense.
  7. Penayang yang menggunakan iklan online untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman yang menampilkan iklan Google harus memenuhi semangat panduan kualitas halaman arahan Google. Misalnya, jika Anda mengiklankan situs yang berpartisipasi dalam program AdSense, maka iklan tersebut tidak boleh memperdaya pelanggan.

7. Penempatan Iklan

AdSense menawarkan sejumlah format dan produk iklan. Penayang dianjurkan untuk mencoba beragam penempatan, asalkan mematuhi kebijakan sebagai berikut:

  1. Maksimal 3 unit iklan dapat ditampilkan pada setiap halaman.
  2. Maksimal 2 Google AdSense untuk kotak pencarian dapat ditempatkan pada halaman.
  3. Maksimal 3 unit link juga dapat ditempatkan pada setiap halaman.
  4. Maksimal 3 unit referensi dari setiap produk atau penawaran referensi dapat ditampilkan pada halaman, selain unit iklan, kotak pencarian, dan unit link yang dijelaskan di atas.

 

8. Iklan dan Layanan Bersaing

Agar pengguna tidak bingung, kami tidak mengizinkan iklan atau kotak pencarian Google ditayangkan di situs Web yang juga berisi iklan atau layanan lain yang diformat menggunakan tata letak dan warna sama seperti iklan atau kotak pencarian Google di situs tersebut. Meskipun Anda boleh menjual iklan secara langsung di situs, namun Anda bertanggung jawab untuk memastikan iklan tersebut tidak serupa dengan iklan Google.

Menjadi Member

Setelah membaca beberapa kebijakan yang diberikan oleh Google AdSense diharapkan dapat mentaati kebijakan tersebut agar apa yang kita inginkan dapat terwujud sehingga pada akhirnya menjadi sumber penghasilan pasif “seumur hidup” dan dapat diwariskan ke anak cucu kita. Yang terpenting adalah selalu meng-update konte (artikel) situs agar penunjung makin banyak dan secara otomatis memperbesar penghasilan AdSense.

1. Membuat Account baru

Pada salah browser (misal: Internet Explorer atau Mozilla Firefox) masukkan alamat URL https://google.com/adsense lalu akan muncul halaman utama Google AdSense. Ada pilihan dalam bahasa Indonesia, arahkan ke Bahasa Indonesia lalu klik tombol Daftar sekarang.

2. Mengisi Formulir

Perlu berhati-hati ketika memasukkan data karena ini berhubungan dengan informasi Cek yang akan dikirim ke alamat rumah.



Selanjutnya, klik tombol Kirim Informasi untuk melangkah ke tahap berikutnya.
Pada bagian ini, pastikan semua informasi yang dimasukkan valid. Nama dan wilayah/negara tidak dapat diganti, untuk itu perlu berhati-hati.

Masukkan alamat email yang masih aktif, email tersebut digunakan sebagai account untuk masuk ke Google AdSense, lalu tekan tombol Lanjutkan.

Pembuatan account Google AdSense hampir selesai.

Periksa email untuk verifikasi.

Perlu waktu 1-2 hari untuk mengetahui informasi disetujui atau tidaknya pembuatan account Google AdSense.


Mengatur Letak dan Bentuk AdSense

Posisi dan bentuk AdSense sangat menentukan jumlah pendapatan yang diterima setiap hari. Ada beberapa kategori bentuk AdSense yang disediakan sehingga dapat memilih sesuai bentuk website yang dimiliki. Diasumsikan account Google AdSense sudah aktif, ketikkan alamat URL https://google.com/adsense.

  1. Masukkan email yang ditelah didaftarkan, masukkan pula kata sandinya. Klik tombol Masuk/Login untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.



  1. Setelah masuk ke halaman Google AdSense, pilih salah satu bentuk AdSense yang diinginkan. Sebagai contoh, misalkan memilih AdSense for Content klik menu tersebut.

  1. Setelah memilih tipe AdSense for Content, ada dua jenis pilihan. Pilih salah satu sesuai keinginan. Jika ingin diletakkan di bagian atas (header), pilih Ad Unit > Text ads only.

  1. Pilih salah satu format yang diinginkan.

  1. Pada bagian Color, atur warna teks dan latar belakang sesuai warna situs yang anda miliki. Setelah selesai klik Continue >>.

  1. Buatlah Channel terlebih dulu, hal ini untuk mengidentifikasi AdSense bagian mana saja yang paling sering diklik pengunjung.

  1. Buatlah Channel yang dapat mewakili posisi AdSense. Setelah selesai klik OK.

  1. Pastikan Channel yang dipilih sudah ditentukan.

  1. Selanjutnya klik tombol Continue.

  1. Klik tombol Continue, untuk mendapatkan kode AdSense.

  1. Copy seluruh script tersebut lalu letakkan pada file yang diinginkan.

  1. Masukkan kode tersebut ke dalam salah satu file yang diinginkan bergantung pada sistem situs yang dimiliki. Sebagai studi kasus, sistem yang digunakan menggunakan wordpress (salah satu CMS (Content Management System) untuk membuat blog yang gratis dan terpopuler untuk saat ini). Biasanya script dimasukkan ke dalam file index.php, side-left, side-right, dan lain-lain (ini sekedar contoh). Diasumsikan, script dari AdSense di letakkan pada file index.php maka hasilnya akan tampak seperti gambar berikut. Iklan dari google memiliki ciri khas yaitu di bagian bawah terdapat teks Ads by Google.


Memonitor Hasil

Besarnya pendapatan AdSense bergantung pada jumlah orang yang mengunjungi situs kita dan jumlah halaman yang dibuka (page view), serta bergantung pula pada jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung. Setiap member dapat memonitor pendapatannya dalam kurun waktu satu hari, satu minggu, satu bulan hingga satu bulan. Untuk melihat laporan pendapatan, terlebih dulu harus Login melalui halaman https://google.com/adsense. Masukkan username dan password. Jika berhasil akan muncul halaman admin AdSense.

Perlu diketahui, penghitungan jumlah pendapatan dimulai pada pukul 14.00 – 14.00 (jam 2 siang hingga jam 2 siang esok hari). Untuk mengetahui Channel mana saja yang memiliki nilai tertinggi dapat dilihat pada link Top Channel pada masing-masing kategori.


Jika situs kita populer, dalam satu bulan bisa mendapatkan ratusan dolar dan jika dikonversi menjadi Rupiah cukup lumayan sebagai pemasukan pasif.

Sistem Pembayaran

Untuk membuat account bagi pembayaran AdSense pertama, selesaikan semua langkah di bawah ini. Perlu diketahui bahwa Anda harus mencapai penghasilan sebesar $10 agar dapat memberikan rincian pajak, memilih bentuk pembayaran, dan memasukkan PIN atau nomor verifikasi telepon. Ada 4 langkah untuk menerima pembayaran yaitu:

1. Periksa alamat Anda

Karena pembayaran dan PIN, yang akan dijelaskan di bawah ini, dikirim ke alamat surat pada account, maka perlu untuk mengkonfirmasi keakuratan alamat pembayaran dan nama penerima pembayaran. Perlu diketahui, terutama, bahwa cek dan pembayaran Western Union ditujukan pada nama penerima pembayaran sama seperti yang dimasukkan dalam account.

2. Berikan informasi pajak Anda

Kami diharuskan untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan pajak dari semua penayang AdSense, termasuk penayang yang berlokasi di luar A.S., dan kami tidak dapat mengirimkan pembayaran kepada Anda hingga kami menerima informasi tersebut.
Informasi pajak dapat dikirimkan dalam account dengan mengklik link Informasi Pajak dari tab Account Saya. Antarmuka panduan yang mudah digunakan akan membantu Anda mengisi formulir online yang sesuai. Anda dapat mengirimkan hampir semua formulir online dan kami akan memberikan petunjuk tentang cara mengirimkan formulir lainnya yang mungkin diperlukan.

3. Masukkan PIN dan nomor verifikasi telepon

Setelah memperoleh penghasilan sebesar $10, PIN akan dikirimkan ke alamat pembayaran dalam account Anda. Anda harus memasukkan PIN tersebut ke account agar kami dapat mengirimkan pembayaran. PIN Anda akan dikirim melalui pos biasa dan memerlukan waktu hingga 2-3 minggu untuk menerimanya.
Anda mungkin diminta untuk memverifikasi nomor telepon berdasarkan lokasi. Sebagai bagian dari proses ini, sistem kami akan menghubungi Anda pada waktu yang telah ditentukan dan meminta Anda untuk memasukkan nomor verifikasi yang tercantum dalam account AdSense.

4. Dapatkan penghasilan sebesar $100

Bila penghasilan total yang belum dibayarkan mencapai $100, kami akan mengirim pembayaran pada akhir bulan berikutnya. Misalnya, jika penghasilan total yang belum dibayarkan mencapai $100 selama bulan Januari dan Anda telah menyelesaikan 4 langkah di atas, kami akan mengirim pembayaran pada akhir bulan Februari.
Jika penghasilan total yang belum dibayarkan tidak mencapai $100, maka penghasilan tersebut akan dimasukkan ke bulan berikutnya dan ditambahkan hingga mencapai batas $100. Pembayaran akan diberikan kurang lebih dalam waktu 30 hari sejak akhir bulan — untuk melihat baris waktu periode pembayaran kami, baca bagian Baris Waktu Pembayaran di bawah ini.

a. Penghitungan penghasilan: Pada hari terakhir setiap bulan, sistem kami akan mengidentifikasi semua account yang memiliki penghasilan yang belum dibayarkan sebesar $100 atau lebih.
Penghasilan diperoleh seiring waktu, sehingga jika Anda memperoleh penghasilan sebesar $40 dalam satu bulan dan $70 pada bulan berikutnya, maka Anda berhak menerima pembayaran. Semua account dengan penghasilan sebesar $100 atau lebih akan dikirim untuk disetujui. Link dengan rincian penghasilan tertentu akan di-posting ke halaman Riwayat Pembayaran dalam waktu beberapa hari di awal bulan.

b. Pembayaran diberikan: Dalam waktu beberapa minggu berikutnya, baris Pembayaran yang diberikan akan di-posting ke halaman Riwayat Pembayaran yang menunjukkan bahwa pembayaran telah dihitung. Saat ini, pembayaran sedang diproses dan dikirimkan kepada Anda.

c. Penerimaan pembayaran: Waktu yang diperlukan untuk menerima pembayaran akan tergantung pada bentuk pembayaran yang dipilih.

  • Cek pengiriman standar: di A.S. umumnya diterima dalam waktu 1-2 minggu sejak tanggal pengiriman; di luar A.S. biasanya diterima dalam waktu 2-3 minggu.
  • Cek Pengiriman Aman: umumnya diterima dalam waktu 5-7 hari.
  • Pembayaran TDE: masuk ke rekening bank dalam waktu 2-4 hari.
  • Pembayaran Western Union Quick Cash: dapat diambil di agen setempat pada hari berikutnya.

Untuk di wilayah Indonesia, umumnya menggunakan sistem Cek Pengiriman Standar.
Setelah menerima cek, dapat dicairkan di beberapa bank yang menerima Cek dari Google AdSense karena tidak semua bank menerima cek tersebut. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya: memiliki account pada bank tersebut, minimal 6 bulan sudah menjadi nasabah sebelum mencairkan cek.


Penutup

Segala sesuatu yang dikerjakan secara serius, tekun, dan penuh semangat akan mendapatkan hasil yang maksimal. Pendapatan yang dihasilkan dari iklan Google sebenarnya terhitung kecil, sekitar $0,001. Itu semua bergantung pada jumlah pengguna internet yang mengujungi situs kita.

Banyaknya pengguna internet yang mengunjungi situs kita akan berpengaruh pada jumlah nominal yang didapatkan dari iklan google. Ada beberapa teknik agar pengunjung banyak yang membaca artikel di situs kita, di antaranya: perbanyak artikel yang bermanfaat, perbanyak topik artikel yang dibutuhkan masyarakat (seperti: tutorial gratis, ebook gratis, tips dan trik, animasi gratis, dan lain-lain.

Tim

Tim Pengembang untuk materi Mendulang Rupiah di Internet

 

    
 
Penulis
:Slamet Riyanto
 
Pengkaji Media
:Bambang Adrianto
 
Pengkaji Materi
:Drs. Triyono, M.Eng.Sc
    
 Pemimpin Tim:Agus Nazarrudin
 
Pemrogram
:Hardianto
 
Desain Grafis
:Dwi Harianti
    

Daftar Pustaka

  1. Panduan Pembayaran Google AdSense
    https://www.google.com/adsense/support/bin/answer.py?answer=21591&sourceid=aso&subid=ww-ww-et-asui&medium=link
  2. Contoh Cek dari Google. http://www.tinggi-sehat.com/image/my_cek2.JPG
  3. AdSense untuk Konten.
    https://www.google.com/adsense/support/bin/topic.py?topic=8434
  4. Pendaftaran Google AdSense.
    https://www.google.com/adsense/support/bin/topic.py?topic=8422

0 komentar:

Posting Komentar