Senin, 10 Agustus 2020

SEMESTER 1 - A. KONSEP MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB

 



Modul C3
Semester : I (Ganjil)
Mata Pelajaran : Desain Media Interaktif
Kelas : XII
Tingkat : SMK

Kompetensi Dasar:
  1. 3.1 Memahami konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
  2. 4.1 Mendemonstrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan multimedia interaktif

Memahami Konsep Multimedia Interaktif

Apa itu Multimedia?

Pada kata multimedia terdapat dua kata, yaitu multi dan media. Multi yang mempunyai arti banyak dan media yang berarti perantara.

Multimedia dapat diterjemahkan ke dalam penggunaan media yang berbeda-beda dalam menyampaikan informasi dalam bentuk grafik, animasi, audio, video, maupun teks

Pengertian multimedia menurut para ahli:
  1. McComick : multimedia identik dengan kombinasi tiga elemen, yaitu gambar, suara, dan teks.
  2. Rosch : multimedia merupakan kombinasi dari komputer dan video
  3. Making It Work, Tay Vaughan : multimedia adalah kombinasi dari teks, senigrafis, animasi, audio, video yang dikirimkan oleh komputer
  4. Rada: multimedia merupakan gabungan dari berbagai media yang ada
Dan masih banyak lagi pendapat-pendapat para ahli lainnya. 

Mengenal Multimedia

Multimedia diklasifikasin menjadi tiga bagian yaitu : dari jenisnya, prosesnya dan jaringan yang digunakan.
  • Jenis multimedia : terbagi menjadi dua yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif
Multimedia interaktif sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu hierarchyal dan non-linear.
  • Proses multimedia : terbagi menjadi dua yaitu multimedia communication dan multimedia content production
Multimedia communication digunakan pada media cetak, hiburan, game, film, dan lain sebagainya.
Multimedia content production digunakan dalam bentuk video, grafis (gambar), suara, animasi, teks, dan lain sebagainya.
  • Jaringan yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu multimedia online dan multimedia offline
Penyampaian multimedia online dapat menggunakan media tertentu seperti kawat atau saluran yang terdapat pada sebuah jaringan. Artinya kita dapat mengakses ataupun melihatnya dimanapun dan kapan pun tanpa batas.
Sedangkan untuk multimedia offline penyampaiannya sangat terbatas. Bentuk multimedia offline seperti penggunaan CD interaktif yang mempunyai isi materi pembelajaran maupun lainnya.

Pemanfaatan Multimedia Interaktif

Multimedia bisa gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk bidang usaha, pendidikan, pemerintahan, perumahan maupun umum.
  1. Bidang usaha dapat menggunakannya untuk mempromosikan perusahaan maupun produk hasil usaha
  2. Bidang pendidikan biasanya multimedia interaktif digunakan untuk pembelajaran secara online maupun offline
  3. Bidang pemerintahan biasa multimedia digunakan untuk mengformasikan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri.
Begitu juga dengan bidang-bidang lainnya.

Penggunaan Tools pada Perangkat

Perangkat keras diantara adalah :

  • Media koneski (konektor) seperti tool USB (universal serial bus), SCSI (small computer system interface), MCI (media control interface), IDE (intergrated drive electronic), dan HDMI (high definition multimedia interaktif)
  • Media input dan perangkat output
Media input diantaranya : keyboard, mouse, touchpad, microphone, dan lain sebagainya.
Media output diantaranya : proyektor, printer, speker monitor, dan lain sebagainya. 
  • Media penyimpanan diantaranya : DVD, CD, hardisk, memori (RAM/ROM), dan flashdisk

Perangkat lunak diantaranya adalah :

Perangkat lunak kaitannya dengan penggunaan software ataupun sistem.
  • Sistem operasi yang digunakan seperti DOS, Windows, UNIX, Linux, dan lain sebagainya
  • Bahasa pemrograman seperti C, CC+, Delphi, Visual Basic, SQL, Java, dan lain sebagainya
  • Aplikasi berbasis web seperti Adobe Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Microsoft Fron Page
  • Animasi modeling grafis 3D seperti Blender, AutoCAD, Maya, dan lain sebagainya
  • dan perangkat lunak khusus lainnya

Alat Penyusun Multimedia

Mengacu pada konsep multimedia sebagai gabungan dari grafik, animasi, audio, video, maupun teks yang akan ditunjukkan pada pengguna akhir (end-user).

Pengguna akhir dapat mengembangkan perangkat lunak dengan memanfaatkan dragg and drop pada aplikasi komputer authoring.

Tools authoring sendiri diantaranya seperti Macromedia, Microsoft PowerPoint, Adobe Flash, dan lain-lain.

Sebelum menggunakan aplikasi tools authoring, seorang pengguna harus memahami kode perograman (koding).

Format yang Disajikan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk menunjang dalam menyajikan multimedia interaktif, ada beberapa kategori yang harus diperhatikan dalam pembuatannya sehingga apa yang disajikan sesuai dengan kebutuhannya.

Format multimedia yang disajikan diantaranya adalah tutorial/cerita, latihan dan praktik, simulasi, percobaan/eksperimen, dan permainan (game).

Praktik/Tugas

  1. Carilah contoh penggunaan media interaktif berbasis web dalam bentuk gambar maupun link
  2. Carilah contoh penggunaan media interaktif dalam bentuk offline (CD), maupun lainnya
  3. Demonstrasikan di depan teman-temanmu.

0 komentar:

Posting Komentar