Senin, 10 Agustus 2020

SEMESTER 1 - B. DESAIN atau PERANCANGAN ALUR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB

 



Modul C3
Semester : I (Ganjil)
Mata Pelajaran : Desain Media Interaktif
Kelas : XII
Tingkat : SMK

Kompetensi Dasar:
  1. 3.2 Memahami (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
  2. 4.2 Membuat (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan multimedia interaktif

Memahami Desain/Perancangan Alur Multimedia Interaktif

Apa itu Desain?

Menurut kamus Bahasa Indonesia yang tertuang dalam KBBI, desain adalah a) kerangka bentuk; rancangan, b) motif; pola; corak.

Kata atau istilah desain sendiri berasa dari serapan beberapa bahasa, diantaranya bahasa Itali yaitu "designo" yang berarti gambar dan bermakna. Dalam bahasa Latin yaitu "designare" yang berarti rencana, skema, proyek.

Pengertian multimedia menurut para ahli:
  1. Dudy Wiyancoko : desain adalah semua hal yang berhubungan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, cost calculation, prototying, drawaing/rendering, frame testing dan riding
  2. Andya Primanda : desain adalah sebagai upaya untuk menemukan titik tengah dari segala macam masukan yang sering kali berseberangan
  3. Dedi Nurhadiat : desain sebagai perencanaan untuk mewujudkan suatu gagasan
  4. Soekarno dan Lanawati Basuki : desain adalah suatu pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan benda
  5. JB Reswick : desain adalah kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang belum ada sebelumnya
  6. Bruce Nussbaum : desain adalah wahana pembantu untuk melaksanakan inovasi pada berbagai kegiatan industri dan bisnis.
Dan masih banyak lagi pendapat-pendapat para ahli lainnya. 

Unsur-unsur dalam Desain

Unsur desain itu sendiri adalah satuan terkecil yang tersusun menjadi satu kesatuan sehingga menjadi sebuah bentuk.

Beberapa unsur-unsur dalam desain :
  1. Titik
  2. Garis
  3. Bidang
  4. Ruang
  5. Gelap-terang

Percabangan Ilmu Desain

Ilmu desain memiliki beberapa cabang, sehingga dalam penggunaannya lebih jelas dan terarah.

Sebagai contoh : seorang perancang bangunan rumah dengan perancang mesin akan berbeda walaupun sama-sama mempelajari ilmu desain. Hal itu dilihat dari out put atau yang dihasilkan oleh seorang perancang.

Beberapa ilmu yang mempelajari tentang desain adalah :
  1. Desain grafis atau DKV (desain kominikasi visual) : konsentrasi pada cabang ini adalah menyuguhkan tampilan yang menarik dalam pandangan mata untuk disuguh ke masyarakat.
  2. Desain produk : konsentrasi pada cabang ini adalah menghasilkan sebuah produk/benda pakai supaya diterima oleh pasar
  3. Desain interior : konsentrasi pada cabang ini adalah membuat suatu benda-benda yang ada di dalam rumah atau ruangan sehingga benda tersebut dalam pemanfaatannya lebih efesien, tentunya setelah desain rumah/gedung itu selesai dikerjakan
  4. Desain arsitektur : sesuai dengan namanya pada cabang ini mempunyai konsentrasi pada perancangan rumah, gedung, dan lain sebagainya.

Tahapan-tahapan Teori Desain

Sebelum melakukan pembuatan sebuah produk, seorang perancang harus memperhatikan beberapa tahapan, agar produk yang dihasilkan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna.

Tahapan-tahapan tersebut diantaranya :
  1. Membuat konsep : merupakan buah pemikirian kreatif dari seorang perancang untuk mencapai tujuan
  2. Menentukan isi
  3. Menentukan struktur/alur seperti flowchart (lihat contoh flowchart) dan storyboard
  4. Membuat penjelasan dari isi yang terdapat pada aplikasi yang dibuat
  5. Membuat grafik
  6. Melakukan testing pada aplikasi yang telah dibuat

Prinsip-prinsip Desain Multimedia Interaktif

Seorang pengguna atau yang sering disebut end-user akan merasa senang dan nyaman apa objek ataupun produk tersebut menerapkan kaedah atau prinsip-prinsip desain.

Penerapan prinsip-prinsip desain sangat mempengaruhi visual seseorang sehingga muncul rasa penasaran dan tidak merasa bosan untuk melihatnya.

Beberapa prinsip-prinsip desain diantaranya :
  1. Keseimbangan (balance)
  2. Penekanan (emphasis)
  3. Keselarasan (harmony)
  4. Kesebandingan (proporsi)
  5. Irama (ritme)
  6. dan Kesatuan (unity)


Keseimbangan



Penekanan



Irama



Kesatuan



Kesebandingan



Keselarasan



Praktik/Tugas

  1. Carilah bentuk contoh alur diagram atau flowchart desain media interaktif
  2. Buatlah tampilan awal desain media interaktif (bisa menggunakan CorelDraw, Photosop, maupun lainnya)

0 komentar:

Posting Komentar