Senin, 10 Agustus 2020

SEMESTER 1 - A. PRINSIP DASAR PEMBUATAN ANIMASI 2D

 SEMESTER 1 - A. PRINSIP DASAR PEMBUATAN ANIMASI 2D




Modul C3
Semester : I (Ganjil)
Mata Pelajaran : Animasi 2D & 3D
Kelas : XI
Tingkat : SMK

Kompetensi Dasar:
  1. 3.1 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vektor)
  2. 4.1 Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vektor)

PRINSIP DASAR PEMBUATAN ANIMASI 2D

Apa itu Animasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), animasi adalah acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak.

Sedangkan menurut para ahli, seperti di bawah ini:
  1. Agus Suheri (2006:2) : bahwa animasi adalah sekumpulan gambar yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan
  2. Hidayatullah dkk. (2011:63) : menyatakan bahwa animasi merupakan sekumpulan gambar yang disusun secara berurutan
  3. Munir (2013:340) : animasi merupakan gambar tetap (still image) yang disusun secara berurutan dan direkam dengan menggunakan kamera.
Jika kita lihat dan merujuk pendapat dari beberapa ahli dan kamu bahasa Indonesia, kita dapat menyimpulkan bahwa gambar benda apa pun seperti hewan, manusia, tumbuhan, air, udara dan lain sebagainya dapat kita gerakkan. 

Contoh lainnya seperti kita membuat perputaran sebuah planet, kejadian/bencana alam, ataupun imajinasi manusia itu sendiri dapat diwujudkan dalam bentuk animasi untuk mendapatkan sebauh bentuk ataupun kepastian dari sebuah ide.

Kecepatan dari sebuah gambar yang telah disusun tergantung pada rentang waktu yang ditetapkan oleh si pembuat animasi yang dimaksud.

Artinya pemakaian rentang waktu yang banyak akan menghasilkan gerakan yang lambat, begitupun sebaliknya, jika rentang waktu yang ditetapkan sedikit maka pergerakan dari sebuah gambar akan semakin cepat.

Sumber bahan gambar pada animasi dalam bentuk gambar berjenis vektor dan bitmap.

Unsur gambar vektor tersusun atas garis dan kurva. Gambar jenis ini tidak tergantung pada resolusi, artinya gambar tidak mudah pecah saat diperbesar dan tetap real.

 
Gambar jenis vektor

Sedangkan gambar bitmap sangat terbatas karena mempunyai ukuran yang tetap dan bergantung pada sebuah resolusi yang dalam hal ini adalah pixel yang biasa disebut dengan bit. Artinya gambar dengan jenis ini akan pecah apabila gambar diperbesar.

 
Gambar jenis bitmap



12 Prinsip Dalam Membuat Animasi 2D

Pada tahun 1930, Frank Thomas dan Ollie Jhonston animator Walt Disney Studios untuk pertama kalinya memperkenalkan 12 prinsip dasar animasi.

Ke 12 prinsip animasi pada dasarnya mengambil dari sebuah teori ilmu fisika yang diterapkan ke dalam animasi.

Penggunaan ke 12 prinsip animasi adalah untuk menghidupkan karakter gambar animasi, sehingga seolah-olah gambar tersebut hidup.

Pada saat ini produsen film animasi bukan hanya di luar negeri, dalam negeri sendiri telah bermunculan dan itu sangat membanggakan buat kalian yang suka dengan animasi

Ke 12 prinsip dalam pembuatan animasi 2D adalah sebagai berikut :
  1. Timing (waktu)
  2. Ease In and Ease Out
  3. Arcs
  4. Follow Throught and Overlapping Action
  5. Secondary Action
  6. Squash and Stretch
  7. Exaggeration
  8. Straight Ahead and Pose to Pose
  9. Anticipation
  10. Stagging
  11. Personality
  12. Appeal
Sebelum kalian membuat karakter di komputer alangkah baiknya buatlah sket terlebih dahulu pada selembar kertas sebagai langkah awal untuk belajar.

Dalam menggambar atau membuat sket bisa dengan melihat objek seperti tumbuhan, binatang, manusia, bebatuan atau apapun. Ambillah objek yang menurut kalian mudah.


Praktik/Tugas

  1. Carilah penjelasan dari ke 12 prinsip animasi 2D tersebut
  2. Jelaskan/berikan gambaran di depan teman-temanmu dari masing-masing prinsip tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar